Tips Menyimpan Susu Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi | Resep Masakan Indonesia

124567890

Tips Menyimpan Susu Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi

tips menyimpan susu

Tips Menyimpan Susu Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi

Susu memang banyak manfaat dan gunanya. Namun, kita sering takut susu segar tidak awet dan cepat basi saat disimpan. Kali ini, kami berikan tips menyimpan susu agar lebih awet dan tidak mudah basi. Tips ini pasti akan sangat berguna bagi Anda penyuka susu.

Cara Menyimpan Susu Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi

Faktor penting dalam penyimpanan susu yang baik adalah suhu. Suhu yang optimal adalah 37 sampai 40 derajat Fahrenheit, atau setara dengan 2 sampai 15 derajat Celcius. Nah, selain faktor suhu tersebut, tips kami yang akan membantu Anda membuat susu menjadi lebih awet adalah dengan cara dipanaskan terlebih dahulu lalu didinginkan.

Caranya, tuang susu ke dalam panci yang bersih. Kemudian, panaskan panci pada suhu tinggi hingga susu mendidih. Setelah itu, putup panci hingga susu menjadi dingin. Masukkan susu ke dalam lemari es selama beberapa jam. Hal ini akan menghilangkan bau amis susu, membunuh mikroorganisme, serta membuat susu bertahan setidaknya untuk dua hari kedepan.

Satu lagi tips membuat susu lebih awet adalah dengan menambahkan baking soda. Caranya, tambahkan 1/2 sendok teh baking soda (sodium bicarbonate) ke panci yang berisi susu. Panaskan panci dengan suhu tinggi hingga susu mendidih. Setalah itu, dinginkan susu atau simpan pada suhu kamar.

Baking soda akan mencegah susu dari kerusakan untuk waktu yang lama, bahkan saat disimpan di luar lemari es. Kualitas dan rasa susu juga tetap terjaga. Selamat mencoba tips tersebut.

124567890

Baca Juga yang ini:

Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jenis Snack Sehat Rendah Kalori dan Gula
Nasi Gondal Gandul

Tag:
 

One Comment to “Tips Menyimpan Susu Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi”

  1. Noriman says:

    hmm, berarti setelah di beli, susu di panaskan terlebih dahulu sblm d simpan di kulkas?
    apa tidak merusak kandungan gizi yang ada dalam susu?

Leave your comment here: