Tips Mengobati Asam Urat Lewat Makanan | Resep Masakan Indonesia

124567890

Tips Mengobati Asam Urat Lewat Makanan

Asam urat

Asam urat adalah penyakit yang cukup banyak diderita orang Indonesia. Namun, apa sebenarnya penyakit asam urat itu dan bagaimana kita mengobatinya? Kami punya informasi dan tipsnya untuk Anda.

Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh dan menimbulkan berbagai gejala.

Gejala asam urat meliputi kesemutan dan linu, nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur, dan sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
Orang yang terkena penyakit asam urat harus melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.

Yang terpenting dari usaha mengobati asam urat adalah dari sisi makanan. Obat-obatan yang dikomsumsi tidak menjamin akan menghilangkan asam urat, bila tidak diikuti pola makan yang tepat.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat antara lain, emping melinjo dan juga kaldu ayam, makanan laut seperti kepiting, udang, tiram, cumi-cumi, makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dan jeroan sapi. Minuman yang mengandung alkohol seperti bir, tuak, tape dan lainnya juga wajib dihindari. Selain itu, beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpukat, dan air kelapa muda juga disarankan dihindari oleh penderita asam urat.

Sebaliknya, sejumlah makanan dinyatakan aman dikomsumsi penderita asam urat antara lain keju, susu, telur, makanan sumber karbohidrat seperi beras, kentang, sigkong, mie, bihun, roti dan biskuit. Namun kabohidrat sederhana golongan fruktosa dari gula dan permen sebaiknya dihindari. Dan untuk buah-buahan, penderita asam urat bisa mengkonsumsi semangka, melon, nanas, belimbing, dan jambu air.

Seorang penderita asam urat juga dianjurkan banyak minum air putih, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari. Ini bertujuan membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih.

124567890

Baca Juga yang ini:

Manfaat Seledri Untuk Penyedap Masakan dan Obat Herbal
Manfaat Asam Jawa Untuk Masakan dan Kesehatan
Obat Wasir Berdarah

Tag:
 

One Comment to “Tips Mengobati Asam Urat Lewat Makanan”

  1. Agen obat says:

    makasih tipsnya sangat bermanfaat tambah2 wawasan saya tentang peyakit asam urat

Leave your comment here: